Header Ads

Seo Services

Spotter IoT Device Delivers a GPS-based Tracking Solution for the Digital Attendance | IOT

“Internet of Things Essay Competition”

Spotter IoT Device Delivers a GPS-based Tracking Solution for the

Digital Attendance




Nama Kelompok :

1. NAJIBUR ROHMAN    0001386412

Pembimbing : 

Anas Turmudzi

SMK TELEKOMUNIKASI DARUL ‘ULUM JOMBANG

2016




Perangkat IOT Untuk memberikan solusi pelacakan lokasi 
berbasis GPS untuk Absensi digital


Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi gaya kehidupan yang semakin modern. Itu dikarenakan perkembangan teknologi mempengaruhi model berkomunikasi untuk melakukan kegiatan hidup sehari-hari. Salah satu teknologi yang sekarang menjadi trand yaitu IoT (Internet of
Things)
Internet of Things (IoT) sebuah konsep atau skenario dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet

Saat ini banyak permasalahan disetiap sekolah di indonesia, salah satunya adalah mengenai kehadiharan guru dan jam kosong disetiap sekolah. Dengan adanya IoT GPS Tracking, absensi dan keberadaan guru dapat dilacak dengan mudah. Dengan desain yang mini dan mudah dibawa, IoT GPS Tracking juga dilengkapi nomer ID dan aplikasi backend service yang berfungsi untuk melacak lokasi keberadaan nomer ID tertentu. Pada aplikasi backend servicenya dilenkapi dengan informasi data guru apabila tidak hadir serta tugas yang akan diberikan kepada siswa.



Cara kerja IoT GPS Tracking sebagai berikut :

1. Apa bila guru berada di zona lokasi maka secara otomatis akan memancarkan sinyal yang akan diterima oleh operator dan operator tersebut dapat melacak keberadaan guru.

2. Saat guru melewati gerbang sekolah, maka guru akan melewati sensor dan CCTV yang akan mendeteksi bahwa alat atau guru tersebut telah mamasuki kawasan sekolah dan secara otomatis (sistem operator) akan memberi informasi bahwa guru tersebut masuk.

3. Dan apabila guru tidak masuk. Guru hanya memasukan nomer ID ke dalam aplikasi kemudian guru mengisi data yang ada di dalamnya, meliputi keterangan izin guru tidak masuk dan tugas yang akan diberikan. Setelah informasi tersebut diterima oleh operator, maka operator akan menyampaikan informasi tersebut menggunakan layar TV yang berada dikelas.

Dengan adanya IoT GPS Tracking dapat memudahkan absensi guru, dan mempermudah guru untuk memberi tugas sehingga dapat mengurangi jam kosong di sekolah dan tetap mengerjakan tugas disaat guru berhalangan hadir.






No comments:

Powered by Blogger.